Tiga Pilar Keamanan Hadiri Pertunjukkan Seni Wayang Kulit di Kelurahan Bujel

Tribratanews Polresta Kediri – Tiga Pilar Keamanan di Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri menghadiri pertunjukkan seni wayang kulit. Kegiatan berlangsung di RT.4 / RW 4, Kelurahan Bujel, pada Sabtu 4 Agustus 2018 jam 22.00 WIB.

 

Bhabinkamtibmas Kelurahan Bujel, Polsek Mojoroto, Polresta Kediri yang hadir menemui para penonton. Petugas memberikan himbau kamtibmas pada penonton wayang kulit ki Dalang Rudi Gareng agar tertib.

 

Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang berasal dari kata ‘Ma Hyang’ yang artinya menuju kepada roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa.

 

Ada juga yang mengartikan wayang adalah istilah bahasa Jawa yang bermakna ‘bayangan’, hal ini disebabkan karena penonton juga bisa menonton wayang dari belakang kelir atau hanya bayangannya saja.

 

Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden.

 

Dalang memainkan wayang kulit di balik kelir, yaitu layar yang terbuat dari kain putih, sementara di belakangnya disorotkan lampu listrik atau lampu minyak (blencong), sehingga para penonton yang berada di sisi lain dari layar dapat melihat bayangan wayang yang jatuh ke kelir.

 

Untuk dapat memahami cerita wayang (lakon), penonton harus memiliki pengetahuan akan tokoh-tokoh wayang yang bayangannya tampil di layar. (res/an).

 

 

bagikan artikel ini.Share on Facebook3Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0