Puskesmas Tiron Sosialisasi Satu Rumah Satu Jumantik

Tribratanews Polresta Kediri – UPTD Puskesmas Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri menggelar “Sosialisasi Satu Rumah Satu Jumantik”, di aula Balai Desa Jatirejo. Narasumber sosialisasi adalah tim kesehatan dari puskesmas.

 

Hadir kegiatan tersebut Kades beserta Perangkat, Bidan Desa beserta Kader Posyandu dan BKB berjumlah 55 orang. Mereka memperhatikan penjelasan dari narasumber.

 

 

Bktm Jatirejo, Polsek Banyakan, Polresta Kediri, Aiptu Slamet Riyadi menghadiri kegiatan ini, pada hari Rabu 1 Agustus 2018 pukul 09.00 s/d selesai. Petugas pas pengamanan  bersama Babinsa Serka Ratno Timur.

 

Tugas jumantik identik dengan memeriksa dan membersihkan tempat yang berpotensi jadi sarang nyamuk Aedes aegipty. Berbekal senter dan formulir catatan, para jumantik berburu jentik nyamuk dari rumah ke rumah.

 

Aiptu Slamet Riyadi juga mengingatkan Jumantik harus bisa mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat sekitar agar lebih peduli terhadap bahaya DBD. Butuh kelihaian dan pendekatan tersendiri untuk melakukan hal ini

 

Kepedulian masyarakat, lanjut Aiptu Slamet  bisa dimulai dari hal kecil, misalnya membuka pintu jika jumantik datang untuk memeriksa rumah mereka. Setelah dikunjungi jumantik, masyarakat harus mengerti apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam rangka waspada DBD.

 

Ambil contoh, rajin menguras tempat penampungan air sendiri tanpa harus dikunjungi jumantik. (res/an).

 

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0