PC GP Ansor Imbau Malam Takbiran di Kediri Tanpa Musik Dangdut, Pop maupun Rock

Tribratanews Polresta Kediri – Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kediri, Munasir Huda mengimbau kepada umat Islam yang melaksanakan takbir keliling, menjelang hari raya Idul Fitri tidak melakukan pemutaran musik selalin takbir.

 

Imbauan ini berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, ada kelompok-kelompok yang melaksanakan takbir keliling justru tidak mencerminkan budaya dan syariat agama.

 

“Kami menolak pemutaran musik baik dangdut, pop, rock dan bunyi-bunyian selain kumandang TAKBIR,” seru Munasir Huda, Senin (11/6/2018).

 

Imbauan ini tertuang dalam pernyataan terbuka GP Ansor Kabupaten Kediri. Ada empat poin dalam imbauan tersebut. Pertama, GP Ansor akan menjaga situasi kamtibmas selama malam perayaan Idul Fitri atau malam takbiran.

 

“Kami juga menolak segala bentuk aksi yang bertentangan dengan syariat islam dan Pancasila serta peraturan perundangan yang berlaku,” imbuh Gus Munasir, panggilan akrab Munasir Huda.

 

GP Ansor akan membantu aparat keamanan, baik Polri maupun TNI dalam menjaga situasi lingkungan.

 

“Kami mengerahkan anggota Banser dan Ansor untuk melakukan pengamanan kegiatan takbiran. Mereka kita tempatkan pada sejumlah titik keramaian dan kawanan rawan macet,” pungkasnya.

 

Diakui Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi, pada malam takbiran ada tradisi konvoi kendaraan dengan membawa pengeras suara dan membunyikan musik dengan keras. Peserta konvoi ini biasanya berasal dari wilayah Kabupaten Kediri menuju ke Kota Kediri dan berkeliling di pusat kota.

 

 

“Kami antisipasi konvoi masuk kota dengan musik yang jedung-jedung (baca : musik bersuara keras). Karena rawan adanya minuman keras (miras). Dengan konvoi dan minuman keras itu juga rawan tawuran,” tegas AKBP Anthon Haryadi.

 

Dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolresta menerjunkan personilnya ke beberapa titik rawan, serta menempatkan mereka pada Posko Mudik Lebaran. Selain itu, pihaknya juga mengultimatum bakal menjatuhkan sanksi tegas kepada mereka yang melanggar aturan. (res|an).

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0