Menag RI Kunjungi Ponpes Lirboyo Kota Kediri

Tribratanews Polresta Kediri – Menteri Agama RI Jenderal (Purn) TNI Fahrul Razi berkunjung ke Ponpes Lirboyo Kota Kediri dalam rangka penutupan acara Forum Musyawarah Pondok Pesantren Se-Jawa – Madura Ke-36. Kegiatan berlangsung pada Kamis 13 Pebruari 2020 mulai pukul 19.45 wib – 22.15 WIB .

 

“Telah dilaksanakan Kunjungan Menteri Agama RI Jenderal (Purn) TNI Fahrul Razi ke Ponpes Lirboyo Kota Kediri dalam rangka penutupan acara Forum Musyawarah Pondok Pesantren Se-Jawa – Madura Ke-36,” kata Kasubbag Humas Polresta Kediri, AKP Kamsudi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antar lain Menteri Agama RI Jenderal (Purn) TNI Fahrul Razi, Ka Kemenang Kanwil Jatim (Bpk.Ahmad Jayadi), Pengasuh Ponpes Lirboyo (KH. Abdullah Kafabihi Mahrus), KH. An’im Falachuddin Mahrus (Pengasuh PP Lirboyo/Anggota DPR RI dari  PKB), KH. Zainudin Djazulli ( Pengasuh Ponpes Al Falah  Ploso Mojo).

Ibrahim A. Hafidz (Ketua FMPP) KH. Zamzami Mahrus (Pengasuh PP Lirboyo), KH.Abdul Muid Shohib (Pengasuh PP Lirboyo /anggota DPRD Kota Kediri),-KH.Abu Bakar Abdul Jalil (Gus Ab) Ketua PCNU Kota Kediri / Pengasuh PP Salafiyah dan Peserta penutupan Forum Musyawarah Pondok Pesantren Se-Jawa – Madura Ke-36 kurang lebih 1.500 orang.

 

Rangkaian kunjungan Menteri Agama RI Jendrl (Purn) TNI Fahrul Razi di Ponpes Lirboyo Kota Kediri, Menteri Agama RI Jendrl (Purn) TNI Fahrul Razi didampingi Ka Kemenang Kanwil Jatim (Ahmad Jayadi) menggunakan kendaraaan Toyota Alphard warna hitam No.Pol RI 24 tiba di Rumah Makan Padang “Duta Minang” Jl.Mayor Bismo No.65 Kota Kediri untuk makan malam disambut oleh KH.Abu Bakar Abdul Jalil (Gus Ab) Ketua PCNU Kota Kediri / Pengasuh PP Salafiyah, Ka Kemenag Kota Kediri (Drs. Muchdar, M.M) dan Ka Kemenag Kab. Kediri (DR. H. M. Zuhri)

 

Menteri Agama RI Jendrl (Purn) TNI FAHRUL RAZI meninggalkan Rumah Makan Padang “Duta Minang” menuju kediaman Pengasuh Ponpes Lirboyo KH. Abdullah Khafabihi Mahrus. Rombongan Menteri Agama RI tiba di kediaman KH. Abdullah Khafabihi Mahrus dan di lanjutkan giat silahturahmi, ditemui oleh KH. Khafabihi Mahrus, KH. Zainudin Djazuli Ponpes Ploso Mojo dan KH. An’im Falahudin Mahrus

 

Adapun penyampaian dari KH. Khafabihi Mahrus. “Terima kasih atas kunjungan Bapak Menteri Agama RI beserta rombongan, Saya ingin menyampaikan bahwa untuk anggaran Pendidikan Agama untuk lebih di tingkatkan, Saya berharap kepada Bapak Menteri Agama agar memberikan hadiah kepada IAIT Tri Bakti Kediri program pendidikan untuk S3 dan Santri Lirboyo dan lulusan IAIT Tri Bakti Kediri merupakan garda terdepan dalam wawasan Kebangsaan,” katanya.

 

Penyampaian Menteri Agama RI. “Alhamdulilah saya bisa hadir di Ponpes Lirboyo dan langsung bertemu sesepuh Kyai. Kami akan perhatikan terkait poin yang sudah di sampaikan Kyai. Terkait pembinaan wawasan nusantara partner kami yaitu NU. Saya juga minta masukan kepada NU terkait pembinaan umat untuk wawasan kebangsaan dan masukan ini dapat menjadi acuan dalam bekerja,” bebernya.

 

Lalu, rombongan Menteri Agama RI meninggalkan kediaman KH. Khafabihi di lanjutkan giat takziah dan tahlil di kediaman Alm KH. Ahmad Habibullah Zaini ( cucu Pendiri PP. Lirboyo KH. Abdul Karim ). Menteri Agama RI menuju ke Aula Muktamar Ponpes Lirboyo menghadiri giat penutupan Forum Musyawarah Pondok Pesantren Se-Jawa – Madura Ke-36 dg susunan acara sbb :

 

Musik Rebana, Pembukaan acara  lanjutan Forum Musyawarah Pondok Pesantren Se-Jawa – Madura Ke-36 oleh Bpk. FAHMI MAJID, Pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Bpk. Angga Sofiyullah. Sambutan

 

“Kegiatan forum FPP ini ini selain untuk silaturahmi memperereat ukhuwah islamiyah juga merupakan untuk musyawarah memecahkan suatu permasalahan. FPP dilaksanakan di Ponpes Lirboyo ini diikuti oleh 150 Ponpes se Jawa Madura. Alhamdulilah kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan sukses, tidak lupa kami sampaikan trimakasih atas suksesnya acara ini dan kami mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan,” kata Panitia pelaksana acara KH.Ato’ilah Sholahudin Mansur.

 

 

Sambutan selanjutnya disampaikan KH. An’im Falachuddin Mahrus, pengasuh Ponpes Lirboyo “Kami ucapkan slamat datang dan trimakasih atas kehadiran Bpk.Menteri Agama Fahrul Razi ke Ponpes Lirboyo Kota Kediri. Mohon maaf KH.Anwar Mansyur tidak bisa hadir disini karena sedang melaksanakan umroh, kami mohon agar didoakan supaya diberi kesehatan dan kelancaran. Ponpes Lirboyo ini didirikan oleh KH.Abdul Karim mulai dari Ponpes yang kecil kemudian diteruskan oleh KH.Marzuqi selanjutnya KH Mahrus Aly ,  KH.Idris Marzuki dan sekarang KH.Anwar Mansyur didampingi KH.Abdulah Khafabihi,” katanya.

 

Usai sambutan pengasuh dilanjutkan sambutan Menteri Agama RI Jendrl (Purn) TNI Fahrul Razi.

 

“Perkenankan saya mengucapkan rasa syukur dan trimakasih telah diberi kesempatan untuk bersilaturahmi ke Ponpes Lirboyo Kediri. Saya mohon barokah do’anya agar dimudahkan tugas-tugas saya yang mana saya diamanahi untuk menjabat menjadi Menteri Agama RI. Pemerintah tidak akan bekerja dengan baik tanpa dukungan masyarakat khususnya Pondok Pesantren yg mempunyai andil besar di pemerintah. Untuk diketahui tadi saya diberi pesan oleh kyai sepuh pengasuh Ponpes Lirboyo ini dan akan kami perhatikan terkait poin yang sudah di sampaikan Kyai ini serta rencana akan kami laksanakan dan kembangkan,” jelasnya.

 

Usai sambutan dilanjutkan pembacaan hasil putusan Forum Musyawarah Pondok Pesantren. Mau’idhoh Hassanah/Tauziah oleh KH. Abdullah Kafabihi Mahrus,Pemberian cinderamata kepada Menteri Agama RI Jendral (Purn) TNI Fahrul Razi. Dilanjutkan foto bersama, Do’a (KH. Zainudin Djazulli) dan penutup. Menteri Agama meninggalkan Ponpes Lirboyo Kota Kediri menuju Surabaya degan  pengawalan Polda Jatim.

 

Pam Giat kegiatan kunjungan menteri agama 63 personil Polresta  dipimpin Kabag Ops Polres Kediri Kota Kompol Abraham Sissik, S.Sos. MH, M.Hum. (res/an).

 

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0