Lipat Surat Suara PIlkada , KPU Kota Kediri Perdayakan Warga Sekitar

Tribratanews Polresta Kediri – Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri tengah mensortir dan melipat surat suara, untuk pemilihan walikota dan Wakil Walikota Kediri 2018, pada 27 juni mendatang. Totalnya 204.495 lembar surat suara dilipat oleh 40 warga sekitar.

 

Penyortiran dan pelipatan surat suara berlangsung di Rumah Pintar Pemilu, di Kantor KPU di Jalan jaksa Agung Suprapto, Kota Kediri.

 

Dalam pengerjaannya, KPU melibatkan sekitar 40 warga sekitar, yang umumnya didominasi oleh ibu rumah tangga. Mereka mengisi waktu luang sekaligus menambah penghasilan.

 

Total sebanyak 204.495 surat suara yang ditargetkan akan rampung dalam tiga hari ke depan. Jumlah itu termasuk tambahan 2 persen dari total nilai daftar pemilih tetap atau DPT.

 

“KPU dapat mengajukan surat pengganti jika terdapat kerusakan pada surat surat tersebut,” kata Moch Wahyudi, Komisioner KPU Kota Kediri.

 

Salah satu ibu rumah tangga yang turut dalam pelipatan ini adalah Nartiyasih. Perempuan yang biasa berjualan nasi dan kopi di warung sekitar KPU. Dengan ini ia dapat memperoleh penghasilan, ketika warungnya tutup dibulan puasa ini. Dalam 6 jam pengerjaan saja ia mampu melipat 1.000 surt suara.

 

Pilwali Kediri ini akan digelar 27 Juni mendatang. KPU menyediakan di 485 TPS di Kota Kediri, termasuk lembaga pemasyarakatan. Sementara di rumah sakit akan dihampiri oleh petugas TPS terdekat. (res|an).

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0