Klentang Tjoe Hwie Kiong Kediri Gelar Sembahyang Bulan Purnama

Tribratanews Polresta Kediri – BKTM Kelurahan Ringinanom, Polsek Kota, Polresta Kediri, Aiptu Syaifudin Yuri bersama BKTM Kelurahan Pakelan  Bripka Sukamto dan Anggota Reskrim Aiptu Purwanto, Selasa 29 Mei pukul 19.30 WIB melaksanakan pengamanan dan Bintibmas giat Sembahyang Bulan Purnama. Pada acara ini ada pertunjukan wayang Putahe di Klenteng Tri dharma Jl. Yos Sudarso, Kota Kediri.

 

“Selama kegiatan berlangsung lancar dan aman. Kami ingatkan semuanya untuk selalu melestarikan kebudayaan,” kata Kasie Humas Polsek Kota, Polresta Kediri, Aiptu Tjatur Satrio Utomo.

 

Wayang Potehi merupakan salah satu jenis wayang khas Tionghoa yang berasal dari Tiongkok bagian selatan. Kesenian ini dibawa oleh perantau etnis Tionghoa ke berbagai wilayah Nusantara pada masa lampau dan telah menjadi salah satu jenis kesenian tradisional Indonesia.

 

 

Wayang Potehi adalah wayang boneka yang terbuat dari kain. Sang dalang akan memasukkan tangan mereka ke dalam kain tersebut dan memainkannya layaknya wayang jenis lain. Kesenian ini sudah berumur sekitar 3.000 tahun dan berasal dari Tiongkok.

 

Menurut legenda, seni wayang ini ditemukan oleh pesakitan di sebuah penjara. Lima orang dijatuhi hukuman mati. Empat orang langsung bersedih, tetapi orang kelima punya ide cemerlang.

 

Ketimbang bersedih menunggu ajal, lebih baik menghibur diri. Maka, lima orang ini mengambil perkakas yang ada di sel seperti panci dan piring dan mulai menabuhnya sebagai pengiring permainan wayang mereka.

 

Bunyi sedap yang keluar dari tetabuhan darurat ini terdengar juga oleh kaisar, yang akhirnya memberi pengampunan. (res/an).

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0