Kapolresta Kediri Menjadi Nara Sumber Damar Jati di KSTV Kediri

Tribratanews Polresta Kediri- Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H menjadi narasumber acara Damar Jati di stasiun televisi KSTV yang diasuh Romo Witak Chondro Wijoyo, Selama malam (11/7).
Dalam acara ini membahas Filosofi Tanhana Darma Mangrwa apakah masih relevan dengan tugas Polri saat ini.

Pembahasan ini mengambil dari Kitab Sutasoma , Karya Mpu Tantular
_________________________________________________
“Rwāneka dhātu winuwus Buddha Wiswa,
Bhinnêki rakwa ring apan kena parwanosen,
Mangka ng Jinatwa kalawan Śiwatatwa tunggal,
Bhinnêka tunggal ika tan, hana dharma mangrwa.” (pupuh 139, bait 5)”

“Bhinneka Tunggal Ika,” berarti “beranekaragam tapi satu,” tentu sudah menjadi pengetahuan umum. Tapi, mungkin ada yang belum tahu, bahwa kalimat itu tidak utuh. Sebab sebenarnya mesti dilengkapi dengan kalimat “Tan Hana Dharma Mangrwa” di depannya, sehingga dapat memberikan makna yang utuh. Mpu Tantular, sang maha cendekia kerajaan Majapahit sebagai sahibul kalimat dalam karyanya berjudul “Sutasoma” memang tidak memisahkan dua kalimat ini. Sebab “Tan Hana Dharma Mangrwa” yang bermakna “Tiada Pengabdian Yang Mendua” sesungguhnya menjelaskan prinsip yang mendasari kehidupan dari satu bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika” (beranekaragam tapi satu)
_________________________________________________

Dalam acara acara ini juga membahas Cipta Harmoni Kota Kediri langkah – langkah apa yg dilaksanakan Polres Kediri Kota, yang kesemuannya dijawab dengan gamblang dan jelas oleh Kapolresta Kediri. Termasuk tanya jawab Kapolres dengan dengan masyarakat via telpon,”Secara keseluruhan Alhamdulillah acara berjalan lancar,” kata AKP Kamsudi, Kasubag Humas Polresta Kediri. (res|aro)


 

bagikan artikel ini.Share on Facebook1Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0