Kapolresta Kediri Ingatakan Para Cakades Untuk Berkompetisi yang Sehat, Kalah Terhormat, Menang Bermartabat

Tribratanews Polresta Kediri –  Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H  melakukan patroli sinergitas TNI-Polri dalam rangka kesiapan panitia Pilkades serentak di Wilayah Kabupaten Kediri. Patroli dilakukan  di Desa  Banyakan dan Desa  Parang Kecamatan  Banyakan Kabupaten  Kediri, Rabu (10/10).

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H, Kasdim 0809 Kediri  Mayor Inf. Joni Morwantoto, S.H , Kabag Ops, Kasat Opsnal, Kasi Propam, Kapolsek Banyakan , Muspika, Ketua Panitia Pilkades Kecamatan Banyakan , Calon Kades  Desa Parang dan Banyakan .

 

Rangkaian kegiatan diawali dengan pemberangkatan rombongan dari Mako Polresta Kediri pukul 13.10. Sasaran patroli  di dua tempat yakni Balai Desa  Banyakan Kecamatan Banyakan Kab Kediri dan Balai Desa  Parang Kecamatan  Banyakan Kabupaten  Kediri.

 

 

Dalam kesempatan tersebut,  Kapolresta Kediri memberikan arahan-arahan sebagai berikut. ” Tujuan patroli adalah untuk  silaturahmi, himbauan kamtibmas dan menampung permasalahan yang  ada. Agar para stakeholder di tingkat  Kecamatan, Cakades dan masyarakat jaga kondusifitas wilayah. Agar anti hoax, tidak ada kampanye gelap dan politik uang, para pihak harus pedomani UU dan aturan yg berlaku. Selain itu tingkatkan pos kamling tamu wajib lapor 1×24 jam khususnya di batas-batas  desa,” kata AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H

 

 

AKBP Anthon Haryadi,  menambahkan tahapan pilkades adalah  pemeriksaan berkas calon, setelah penetapan cakades akan diadakan deklarasi damai di Polresta Kediri.,” Oleh karena itu Kapolsek bersama unsur tiga  pilar tingkatkan pelaksanaan patroli pada  desa -desa  yang melaksanakan  pilkades. Untuk  para cakades untuk berkompetisi yang  sehat, kalah terhormat, menang bermartabat,” tambahnya.

 

 

Seperti diketahui 5 Kecamatan Kabupaten Kediri berada di  di Wilayah Hukum Polresta Kediri. Kelima wilayah tersebut terdiri dari 60 desa. Yakni Kecamatan Mojo 20 Desa, Kecamatan Semen 12 Desa, Kecamatan Banyakan 9 Desa, Kecamatan Grogol 9 Desa dan Kecamatan Tarokan 10 Desa.

 

 

 

Kegiatan Pilkades serentak dilaksanakan pada Rabu Pahing 30 Oktober 2018 di 203 desa yang menyebar di 24 Kecamatan. Seperti diketahui wilayah Pemerintah Kabupaten Kediri terdiri dari 26 kecamatan, 343 desa dan 1 kelurahan.

 

Pelaksanaan Pilkades sendiri sesuai dengan  Perda Kabupaten Kediri No. 7 Tahun 2006 Tentang Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa. Serta Perbup Kediri No. 8 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2006.

 

Hal yang menarik dalam Pilkades di Kabupaten Kediri 30 Oktober 2013 yang akan datang dari 203 Desa terdapat 1 ( satu ) desa yang calonnya terbanyak berjumlah 8 orang yaitu dari Desa Senden Kecamatan Kayen Kidul.

 

Sebanyak 24 Kecamatan dari 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri yang menyelenggarakan Pilkades paling banyak adalah Kecamatan Mojo yakni  16 desa dan 2 kecamatan yang tidak ada Pilkades yaitu Kecamatan Wates dan Kecamatan Kepung. (res|aro)

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0