Bobol Konter, 2 Pencuri Diringkus Tim Resmob Sat Reskrim Polresta Kediri

Tribratanews Polresta Kediri — Pada Rabu, 12 Februari 2020 Tim Resmob Polresta Kediri dipimpin Kanit Pidum melaksanakan giat ungkap kasus pencurian dengan pemberatan counter HP Vanila Iphone TKP Kelurahan  Bandar Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Kegiatan berlangsung, pada Kamis, 09 Januari 2020, sekira pukul. 09.00 WIB

 

Korban Melinda (25)   Dusun Jagalan Kelurahan Kanigoro RT  017 RW  007 Kecamatan  Kras Kabupaten Kediri. TKP di Ruko counter HP Vanila Iphone Jl. Wachid Hasyim Kecamatan  Mojoroto Kota Kediri.

 

Sementara pelaku, Nopri Setiawan (25)  mahasiswa swasta di Kota Kediri –  alamat Desa  Jamor Jaya Kecamatan  Lembo Jaya Kabupaten Morowali Utara Sulawesi Tengah.

 

Pelaku kedua, Maulana Subiyanto (22)  mahasiswa swasta di Kota Kediri  alamat  KP. Cikempong Desa Pakansari Kecamatan  Cibinong Kabupaten  Bogor Jawa Barat.

 

Adapun barang bukti yang diamannkan,

1 Unit Hp Iphone 8 plus beserta dosbok dengan No. IMEI : 354837094568182.

-. 1 Unit Hp Iphone X 256 GB beserta dosbok dengan No. IMEI : 359403082151336.

-. 1 buah Celana jeans warna hitam (milik Nopro  digunakan di TKP).

-. 1 buah baju warna merah (milik Nopri digunakan di TKP).

– 1 buah tas ransel merk ARAI (milik Nopri digunakan di TKP).

-1 buah tas ransel merk POLO milik Maulana (untuk menjual hasil kejahatan).

-. 1 buah Buku ATM BRI Simpedes Norek : 3204-01-034086-53-0 An. Maulana Subiyanto (untuk transfer uang hasil kejahatan).

-. 2 lembar bukti transaksi setor tunai Bank BRI (milik Maulana).

-1 buah HP XIOMI (milik Maulana S  untuk transaksi M-Banking BRI)

-. 1 buah blok mesin depan sepeda motor Honda Scopy (milik Maulana S).

 

 

Awalnya pasa Rabu, 8 Januari 2020 sekira pkl. 21.00 Wib WIB counter Vanila tutup dalam keadaan pintu terkunci. Keesokan harinya hari Kamis, 09 Januari 2020 sekira pkl. 07.00 WIB  saksi 1 datang dan membuka pintu counter Vanila kemudian langsung melihat isi ruangan counter berantakan serta melihat atap sebelah pojok kanan ruangan dalam  keadaan lubang/jebol.

 

Setelah itu saksi 1 melaporkan kejadian tersebut  ke pemilik counter (pelapor). Setelah dilakukan pengecekan ada 6 unit HP Iphone beserta dosboknya yg hilang yaitu 2 unit HP  Iphone X, 1 unit HP Iphone 8 plus dan 3 unit HP  Iphone 7 plus.

 

Serta didalam lokasi diketemukan tali tambang, kaos dan sandal diduga milik pelaku yang tertinggal.Atas kejadian tersebut  oleh korban mengalami kerugian sebesar Rp.43.000 000,- dan melaporkan ke Polsek Mojoroto untuk proses lanjut.

 

“Tim Resmob melakukan penyelidikan dari TKP pencurian dengan pemberatan 6 unit HP Iphone yg diketahui terjadi pada hari Kamis, 9 Januari 2020 di ruko counter HP Vanila Iphone Jl. Wachid Hasyim Kecamatan  Mojoroto Kota Kediri,” kata Kasat Reskrim I Gusti Ananta S. H S. IK, M.H

 

Pada hari Senin, 10 Februari 2020 , Tim Resmob mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada orang daerah Kecamatan. Mojo Kabupaten  Kediri yg bernama Nanda  memiliki Hp Iphone 8 plus dengan cara membeli dari postingan jual beli HP  marketplace Facebook yg jenisnya sama dengan salah satu HP yang  hilang seperti yang  terjadi di TKP curat.

 

Sekira pukul 14.00 WIB  Unit Resmob melakukan penyelidikan tempat tinggal Nanda  di seputaran Desa  Mlati Kecamatan  Mojo Kabupate  Kediri, sekira pukul 15.00 WIB Nanda  berada dirumahnya kemudian tim resmob mengamankan Nanda  memiliki HP Iphone 8 plus setelah dilakukan pengecekan HP  Iphone 8 plus milik Nanda  sesuai/identik dengan salah satu HP Iphone yg hilang di TKP berdasarkan ciri fisik dan No. IMEI HP Iphone tesebut.

 

 

Keterangan Interograsi kepada Nanda b ahwa HH Iphone 8 plus tersebut dibeli lengkap dengan dosboknya seharga Rp.5.800.000,- (lima juta delapan ratus ribu rupiah) dari  Achmad Rizaludin Rozaq dengan alamat Desa  Kwadungan Kecamatan  Ngasem Kecamatan  Ngasem Kabupaten  Kediri lewat postingan Facebok di group Marketplace.

 

Kemudian sesuai hasil keterangan Nanda  Tim Resmob menuju ke Desa  Kwadungan dan mengamankan Achmad R dirumahnya.

 

Keterangan Achmad R, pada bulan Januari 2020 pernah membeli 2 unit HP  Iphone dari Nopri Setiawan. HP Iphone 8 plus tersebut  dibeli lengkap dengan dosboknya dari seharga Rp. 4.950.000,- dan posting di FB kemudian sudah  laku terjual.

 

HP  Iphone 7 plus lengkap dengan dosboknya seharga Rp.2.700.000,- dan masih belum terjual.

 

Pada hari Selasa, 11 Februari 2020 sekira pukul 15.30 WIB Tim Resmob Res Kediri bekerjasama dengan pihak petugas Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Sultan Hasanudin Makasar telah berhasil menangkap terduga pelaku Nopri S  setelah turun dari pesawat Lion Air (jurusan Surabaya – Makasar) di Bandara Sultan Hasanudin Makasar kemudian pelaku dibawa ke Wilayah Jatim untuk dilakukan pengembangan kasus dalam hal penjualan Hp hasil kejahatan yang lainnya.

 

Hasil Intrograsi terhadap terlapor Nopri Setiawan  Nopri S mengakui saat kejadian bulan Januari 2020 hari lupa sekitar pukul 23.00 WIB  saat ngopi bersama dengan Maulana Subiyanto telah merencenakan akan melakukan pencurian HP di Counter Vanila Iphone Kelurahan Bandar Kecamatan  Mojoroto kota Kediri.

 

Sekitar pukul 01.30 WI  Nopri S berangkat dengan jalan kaki dari Perpustakaan Wahidiyah Kedunglo Kelurahan  Bandar Lor Mojoroto menuju TKP sedangkan Maulana masih berada di kos, setelah Nopri melakukan pencurian kemudian menghubungi Maulana lewat ponsel disuruh untuk mengambilkan baju, tali serta sandal yang tertinggal di TKP, namun saat Maulana  tiba di TKP dengan mengendarai motor Honda Beat  tidak jadi mengambilkan barang Nopri  yg tertinggal karena sebelah TKP ada orang didekat TKP.

 

Sekitar pukul 07.30 WIB Nopri bersama barang hasil pencurian counter dijemput oleh Maulana  di Gang  Kaseri Kelurahan  Bandar Lor dengan mengendarai motor beat menuju ke warkop Klotok Mojoroto Kota Kediri untuk pembagian barang hasil pencurian kepada Nopri membawa 3 HP Iphone sedangkan Maulana  membawa 3 HP Iphone dengan tujuan untuk dijual nanti hasil penjualan uangnya dibagi berdua.

 

  1. Pada hari Rabu, 12 Februari 2020 sekira pukul 17.00 WIB Tim Resmob melakukan penangkapan terhadap Maulana Subiyanto di kos Kelurahan Bandar Lor Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

 

Hasil Intrograsi Maualana Subiyanto bahwa dari kejadian pencurian yang dilakukan Nopr  yaitu sebelum melakukan pencurian di counter HP Vanila , Nopri  menceritakan akan melakukan pencurian dengan mengajak Maulana

 

Dalam kesepakatan Maulana  memperoleh bagian 3 buah Iphone jenis Iphone X, 6 plus 64 GB dan 7 plus 128 GB, kemudian ketiga HP tersebut  pada bulan Januari 2020 dijual Maulana  ke Bogor Jawa Barat, dari hasil penjualan dibagi dengan Nopri  Nopri  dengan cara mentransfer kepada lewat M Banking BRI.

 

-. Hasil penjualan HP Iphone seluruhnya dari TKP pencurian bobol counter Vanila tersebut  bahwa Maulana  mendapatkan bagian dari total penjualan sekitar Rp. 5.800.000,-

 

Uang hasil penjualan HP tersebut digunakan untuk membeli 1 blok mesin depan sepeda motor Honda Scopy dan membayar hutang serta untuk kebutuhan sehari- hari di kosan.

 

Demikian sebagai laporan awal ungkap kasus curat sementara terlapor/pelaku beserta barang buktinya diserahkan ke piket Sat Reskrim Polresta Kediri  guna proses lanjut. (res/an).

 

 

 

 

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0