Biro Paminal Divpropam Polda Jatim Sosialisasi Whistle Blowing System (WBS) Online

Tribratanews Polresta Kediri – Sosialisasi Whistle Blowing System (WBS) Online Th. 2019. Sosialisasi dilaksanakan oleh Tim Biro Paminal Divpropam Polri di Polda Jatim.

 

Kegiatan pada hari Senin, 7 Oktoberber 2019, mulai pukul 07.00 s/d 11.00 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut Kabagsumda, Kasi Propam dan 1 operator perwakilan Satfung (Bagsumda, Satintelkam, Satreskrim, Satnarkoba, Satsabhara, Satlantas dan Satbinmas) jajaran Polda Jatim.

 

Hasil Kegiatan Sosialisasi Whistle Blowing System (WBS) Online oleh Tim Biro Paminal Divpropam Polri, WBS Polri adalah Sarana informasi di lingkungan Polri untuk menyampaikan informasi secara Online adanya indikasi Tindak Pidana Korupsi di lingkungan Polri yang dilakukan oleh Pegawai Negeri pada Polri.

 

WBS dibentuk bertujuan untuk Mewujudkan terselenggaranya pelayanan laporan dugaan TPK secara online yang baik oleh Polri dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat;

Kedua, Mewujudkan terselenggaranya wasdal yang akuntabel dalam penanganan laporan dugaan TPK. Terselenggaranya laporan dugaan TPK di lingkungan POLRI sesuai Peraturan Perundang-undangan.

 

“Siapa Whistle Blower adalah Seseorang yang mengetahui dan memberikan  laporan serta informasi tentang terjadinya atau akan terjadinya suatu tindak pidana tertentu dan bukan merupakan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkan (SEMA NO. 4 TAHUN 2011),” jelas Kasubbag Humas Polresta Kediri, AKP Kamsudi.

 

Kriteria informasi yang dilaporkan Memenuhi  ketentuan sesuai bunyi pasal 11 UU RI Nomor 30 Tahun 2002: Melibatkan aparat penegak hukum, penyelenggara negara dan orang lain yg ada kaitannya dengan tindak pidana korupsi yg dilakukan oleh aparat penegak  hukum atau penyelenggara negara. Mendapat perhatian yang meresahkan masyarakat; dan/atau Menyangkut kerugian negara.

 

Menjelaskan siapa, melakukan apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana. Dilengkapi dengan bukti permulaan (data, dokumen, gambar dan rekaman) yang mendukung / menjelaskan adanya Tindak Pidana Korupsi. Diharapkan dilengkapi dengan data sumber informasi untuk pendalaman. (res/an).

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0