Bawaslu Kota Kediri Rakor Penyelenggaraan Persiapan Pemungutan dan Pernghitungan Suara

Tribratanews Polresta Kediri – Rakor penyelenggaraan Pemilu persiapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 di Hotel Lotus Garden. Kegiatan berlangsung, pada Kamis tanggal 11 April 2019 mulai pukul 09.00 WIB s/d 13.00 WIB.

 

“Telah dilaksanakan giat Rakor penyelenggaraan Pemilu persiapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019, diikuti kurang lebih 80 orang,,” kata Kasubbag Humas Polresta Kediri AKP Kamsudi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain  Bpk Mansur, ST, Ketua Bawaslu Kota Kediri, beserta komisionernya, Ibu Puspo Rini indah Palupi komisioner KPU kota, Dinas Penanaman Modal Kota Kediri Bpk Sulton, Panwascam Se-Kota Kediri, Panwaskel Se- Kota Kediri dan PPK dan PPS Se-Kota Kediri.

 

Diawali Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia dan mars Bawaslu dan sambutan Bpk Mansur, ST, Ketua Bawaslu Kota Kediri sekaligus membuka acara rakor.

 

 

“Pagi ini saya berinisiatif untuk mengumpulkan para petugas PPL , PPS, Panwascam . Panwaskel untuk bersinergi agar nanti dalam pelaksanaan tugas pada tanggal 17 bisa sesuai yang kita harapkan agar kompak jangan sampai ada penghitungan ulang karna kalaupun ada penghitungan ulang nanti kita yang akan susah sendiri,” ujarnya.

 

Pesan lain, jangan sampai kita nanti diakhir kegiatan besok pada tgl 17 kita tidak ada yang masuk tahanan. Selanjutnya pada hari ini atas ijin Allah acara Rakor penyelenggaraan Pemilu persiapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 saya nyatakan dibuka.

 

Diteruskan Doa dipimpin M. Ilham. (Staf Bawaslu kota Kedirii  dan penyampaian materi rakor pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 disampaikan oleh Bpk Mansur, ST, Ketua Bawaslu Kota Kediri.

 

“Kami menyampaikan masa kampanye kurang 3 hari lagi. Pada massa tenang dilarang berkampanye dan alat alat kampanye , gambar gambar Paslon , caleg dibersihkan tidak boleh satupun yang terpasang. PPL, PPS ikut membantu Panwaskel untuk Membersihan alat peraga atau gambar gambar yang berbau kampanye,” bebernya.

 

Menyampaikan kerawanan di TPS waktu proses pencoblosan. Pada hari Rabu pagi waspadai serangan fajar apabila ada money politik dan menghalang halangi warganya untuk tidak boleh menyoblos akan dikenakan sanksi pidana. Dalam pemungutan suara harus menunjukkan identitas KTP atau surat ket dari kelurahan. Pengawas TPS tugasnya mengelilingi TPS dan tahu denah TPS dan memakai Idi card maupun surat tugas.

 

Penyampaian rakor pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 disampaikan oleh ibu Puspo Rini indah Palupi komisioner KPU Kota Kediri. Penyampaian model C.6-KPU Kepada pemilih yang terdaftar di model A.3- KPU. KPU mendistribusikan Kotak suara dan perlengkapan TPS pada tgl 16 April 2019 dan PPS mendistribusikan ke TPS tgl 17 April 2019 paling lambat pagi pukul 06.00 WIB.

 

Pemilih wajib Membawa identitas yang sesuai identitas diri. Pemilih menyoblos di TPS yang telah ditentukan dan ditetapkan oleh KPU Kota Kediri. Pemilih wajib mentaati peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Kediri.

 

“Bahwa giat Rakor penyelenggaraan Pemilu persiapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 untuk membekali petugas PPL dan PPS agar paham tentang mekanisme tahap demi tahap hingga terakhir penghitungan suara,” tutupnya. (res/an).

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0