Apel Hari Santri Nasional di Pesantren Lirboyo

Tribratanews Polresta Kediri- Ribuan santri Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri – Jawa Timur menggelar apel bersama untuk memperingati Hari Santri Nasional Yang Jatuh Pada 22 Oktober. Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi hadir dalam kegiatan ini setelah sebelumnya menggelar apel Hari Santri di Mapolresta Kediri.

 

Apel Hari Santri Nasional tahun 2018 ini berlangsung di halaman Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo . Seluruh santri mengenakan pakaian khas mereka  berupa sarung  dan peci . Sementara apel dipimpin oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Kediri KH  Abu Bakar Abdul Jalil.

 

Dalam apel bersama ini  dibacakan ikrar santri indonesia . Ikrar ini berisi tentang kesetiaan santri kepada Bangsa Indonesia. Apel sendiri berjalan seperti pada umumnya  pembacaan Pancasila , Undang-Undang Dasar Tahun 1945 dan diakhiri menyanyikan lagu Yala Al Wathon.

 

  1. Abu Bakar Abbdul Jalil , Ketua PCNU Kota Kediri mengatakan peringatan hari santri nasional ini menjadi momentum untuk lebih mengenal para suhadak dan ulama yang telah berjuang untuk merebut kemerdekaan.

 

“ KH  Hasyim Asy’ari  sebagai pendiri organisasi NU  menjadi motor penggerak kemerdekaan dengan melahirkan fatwa resolusi jihad yang mengharuskan para santri berperang melawan penjajah,” kata Gus Ab panggilan akrab Ketua PCNU ini.

 

 

Ditambahkan , di era modern ini  para santri memiliki banyak tantangan salah satunya adalah kemajuan di bidang teknologi. Mereka dituntut untuk meningkatkan kapasitas diri dan sumberdaya yang dimiliki . Sementara itu dalam kegiatan ini Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H menitipkan pesan kepada  santri sebagai pilar bangsa untuk hati hati di tengah gencarkan peredaran informasi hoax dan kejahatan ITE. (res|aro)

 

bagikan artikel ini.Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0